Mengenal Lebih Dekat dengan Filosofi Motif Tapis Lampung

TAPIS merupakan sulaman khas Lampung yang sudah ada sejak dulu, Kerajinan ini umumnya di sulam oleh remaja putri dan ibu rumah tangga. Yang mana, pembuatan kain tapis ini berguna untuk memenuhi kebutuhan adat yang disebut begawi.

Berdasarkan informasi yang akang dapatkan dari Kolom POJOK SABURAI surat kabar Radar Lampung pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2016, mari kita Mengenal Lebih Dekat dengan Filosofi Motif Tapis Lampung yang dalam hal ini ada 10 motif Tapis Lampung.

Mari Kita simak masing masing dari keunikan Motif Tapis Lampung ini :

1. Motif Pilin Berganda

Motif ini bermakna bahwa suatu peringatan untuk kita janganlah memutuskan ke muaghian. Maka jagalah hubungan dengan sanak famili untuk tetap harmonis baik itu dengan sanak famili yang dekat maupun snak famili yang jauh dari kita.

2. Motif Belah Ketupat

Motif Tapis Lampung dengan Belah ketupat ini mengandung makna kebersamaan. apabila kita mendapatkan kelebihan rezeki, sesungguhnya sebagian tersimpan dalam rezeki itu adalah hak orang lain.

3. Motif Pucuk Rebung

Dalam Motif Tapis Lampung Pucuk Rebung ini atau lebih kita kenal dengan tunas bambu, melambangkan hubungan kekeluargaan dalam sebuah keluarga yang tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. maka hendaklah kita selalu untuk tolong menolong dalam hal kebaikan. serta saling menegur apabila ada salah satu diantara keluarga kita yang melakukan kesalahan.

4. Motif Geometris

Motif Geometris ini menggambarkan bahwa tegaknya lembaga adat dapat terwujud apabila didukung oleh semua pihak yang berperan serta sesuai dengan keahliannya masing masing.

5. Motif Tajuk Bergaya

Motif Tajuk Bergaya ini menandakan mudah bergaul dan tetap menjaga piil pesenggighi.

6. Motif Bunga

Tapis Lampung dengan Motif Bunga memiliki makna setiap pekerjaan dan perbuatan haruslah rapih dan indah. Sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi.

7. Motif Bulung Kibang

Dalam Motif Bulung Kibang ini melambangkan bahwa kemampuan merantau kelak akan pulang juga ke kampung halaman dengan membawa keberhasilan. dan dapat mengangkat derajat dan martabat keluarga.

8. Motif Pohon Hayat/Kehidupan

Motif Tapis Lampung ini juga melambangkan kemampuan seseorang dalam menempatkan diri di dalam sebuah kaum dapat menentukan jalan hidupnya.


9. Motif Burung

Motif ini melambangkan kebebasan. Bebas dalam menentukan pilihan asalkan tidak bertentangan dengan adat istiadat. berperilaku sopan, santun dan ramah.

10. Motif Naga

Motif Tapis Lampung dengan gambar Naga ini menggambarkan sifat pemimpin selain gagah berwibawa juga harus sabar, adil dan bijaksana.

Itulah 10 motif yang dapat akang bagikan sebagai upaya untuk mengenal lebih dekat dengan filosofi motif Tapis Lampung.

Baca Juga : Bahan dan Peralatan Pembuatan Kain Tapis

Jangan lupa untuk menshare ya...

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Mengenal Lebih Dekat dengan Filosofi Motif Tapis Lampung"

  1. wah banyak juga ya motif nya
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  2. jujur saya baru tahu kalo di Lampung itu jenis sulam seperti itu, padahal saya sudah sering lewat lampung, hehe lewat doang sih haha

    ReplyDelete
  3. Ternyata itu toh pengertian dari motif tapis yang ada di lampung,, padahal saya lahir di lampung tetapi kok tidak paham dengan jenis motif tapis lampung,, maklum lah ortu perantau dari pulau jawa.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Baik sesuai dengan Topik Pembahasan, tidak dibenarkan berkomentar mengandung SARA